Kuliah

heatexchanger5

Bagian 1 : PENDAHULUAN

Bagian ini menjelaskan konsep sederhana teknik kontrol proses. Hal itu diharpkan dapat memberikan motivasi kepada pembaca untuk senantiasa terus  mempelajari keilmuan teknik kontrol proses. Keilmuan teknik control proses menekankan pada cara untuk mempertahankan nilai variabel proses (temperatur, tekanan, aliran, komposisi dan semacamnya) pada nilai-nilai tertentu yang diharapkan (desired values).

Di lingkungan industri, variabel-variabel proses kenyataannya  akan selalu berubah (bersifat dynamic). Padahal pada produk-produk tertentu membutuhkan variabel-variabel proses itu harus berada nilai yang tetap tertentu. Apabila perubahan-perubahan semacam itu tidak ditangani secara baik, maka akan dapat mengakibatkan penurunan kualitas produk (quality), mengancam keselamatan operator (safety) dan mengurangi kuantitas produk (production rate).

Bagian ini menerangkan dua konsep sistem control, feedback control system  (Sistem Kontrol berumpan balik) dan feedforward control system (Sistem Kontrol berupan maju). Beberapa term (istilah) yang digunakan pada keilmuan proses akan juga dipaparkan. Serta beberapa keilmuan yang mendasari keilmuan teknik kontrol proses juga diuraikan.

1.1. CONTOH SEDERHANA

Sebelum mempelajari keilmuan sistem kontrol proses, pembaca harus menengetahui dulu konsep sebuah sistem control proses. Sistem kontrol proses sederhana akan dikenalkan di sub bagian ini. Sistem kontrol temperature pada suatu tangki proses akan dijelaskan pada sub bagian ini. Gambar 1.1 menunjukkan sketsa sistem kontrol temperature dengan menggunakan uap panas sebagai pengubah temperature.

 

 

 

 

Perangkat sistem ini (gambar 1.1) bertujuan untuk memanasi suatu fluida yang masuk ke dalam tangki proses  dan mnegndali temperature fluida yang keluar dari tangki  pada nilai temperature yang diharapkan. Sebagaimana disebutkan pada paragraph sebelumnya sebagai pemanas digunakan uap yang sudah dipanaskan yang dialirkan di sekitar tangki. Oleh karena itu, energi panas yang diperoleh oleh fluida dalam tangki dari energi panas yang dilepaskan oleh uap panas disekitar tangki. Kalau disaumsikan tidak terjadi kebocoran energi panas ke sikitar tangki, dan pipa-pipa pengalir uap panas serta tangki adalah adiabatic, maka energi panas di fluida dalam tangki akan sama dengan energi panas yang dilepas oleh uap panas.

 

 

No Comments to “Kuliah”

Leave a Reply

(required)

(required)


CAPTCHA Image
*